Kamis, 08 Desember 2016

tips merawat ayam, budidaya, harga dan jenis2 ayam terbaru serta mengobati ayam sakit 2017

Tips Merawat Ayam Laga dan ayam Lain bagaimana membudidayakan ayam, harga ayam terbaru dan mengobati ayam sakit



Tips dan cara merawat Ayam Siam/Bangkok ( aduan )
buat sobat pecinta ayam siam atau ayam aduan, di sini saya ingin berbagi tips dan cara merawat ayam dgan baik...ada beberapa langkah yg harus kita lakukan :

1.Melatih napas pada ayam
biasanya di mulai dengan latihan khusus,latihan ini hrs rutin anda lakukan setiap hari.latihan bisa anda lakukan dgan teknik anda masing2.sehabis di latih ayam di mandi kan,utk mengembalikan kesegarannya..dan selepas itu di jemur kira2 lebih kurang 30 menit...dan yg terpenting memberikan vitamin utk menjaga stamina nya,biasanya di beri kuning telur ayam,bisa di tambahkan madu..

2. Menjaga stamina ayam agar selalu fit
di samping memberikan makanan dan vitamin, untuk tambahan bisa kita beri sayur2an seperti tauge, tomat, buncis  jg utk menambahkan sedikit gula merah, kunyit dan bawang putih..

3.merawat kaki agar kuat
bisa di beri vitamin yg dpt anda beli di apotik, namanya kalk..kalk biasanya utk memperkuat kaki dan taji ayam agar tdk mudah patah, kalk mengandung calcium yg dpt memperkuat tulang..selain itu ada pula sebagian org yg mempercayakan kapur dan gambir yg di oles kan pd kaki ayam....

Ciri - Ciri Ayam Siam/Bangkok Aduan Yang Bagus.

Karena sering di jadikan untuk ajang aduan, ayam bangkok yang berkualitaslah yang di cari oleh para pengadu ayam karena ayam yang aduan yang berkualitas mempunyai banyak keunggulan ketimbang ayam aduan biasanya. Ayam bangkok aduan unggulan akan lebih besar peluangnya untuk memenangkan ajang aduan ayam bangkok, sudah taukan anda bagaimana ciri - ciri ayam bangkok aduan yang baik ?, dan berikut

  
 

Ciri - Ciri Ayam Siam/Bangkok  Unggulan   :

1. Alis yang tebal dan juga batok kepalanya yang kelihatan tebal.
2. Mempunya bulu yang mengkilap terutama di bagian sayap dan ekornya.
3. Kaki ayam bangkok memiliki sisik yang kasar biasanya berbentuk persegi ataupun bulat.
4. Mempunyai kepala yang mirip seperti buah pinang.
5. Lubang hidung agak menjorok kedepan.
6. Jari kaki kecil dan panjang, susunan jarinya mekar.
7. Mempunyai mata yang jernih, sipit dan masuk kedalam.
8. Jika berdiri sikapnya akan tegak tidak membungkuk.
9. Kulit Mukanya kasar dan tebal, warnanya pun akan merah.
10. Mempunyai Paruh yang besar dan melengkung beraur dari hidung ke ke arah muka.
11. Pandai Memukul alat vital lawan aduan.
12. Mempunyai pukulan yang keras dan akurat.
13. Semangat bertarung Ayam tinggi.
14. Tidak Mudah Lelah.
15. Mempunyai insting tarung yang bagus.


Cara berternak Ayam Siam/Bangkok atau aduan di antaranya adalah :

1. Pilih induk betina  yang baik dan sehat.

2. Pilih Pejantan yang sehat dan permainan tarungnya yang agus.

3. Siapkan kandang umbaran, perkawinan di kandang umbaran lebih baik dari pada di kandang dodogkan. Karena proses perkawinan lebih alami.

4. Kandang anak ayam sebaiknya di buat sebelum di kawinkan, agar saat menetas nanti, anak ayam siap dipindahkan.

5. Pakan induk dan anak ayam siam. Banyaknya jenis pakan ayam, lebih baik baca dulu cara pemberian pakan ayam siam sebelum di praktekkan.

Untuk tambahan pengetahuan buat pembaca artikel Cara berternak ayam siam ini, perlu diketahui bahwa saat induk ayam  mulai mengengkrami telurnya, sedikit penyiraman air ke induknya saat mengengkrami membuat induk bangkok tersebut mau kawin lagi. Jadi telur yang dihasilkan dalam Cara berternak ayam bangkok bisa lebih banyak. Hal itu dapat dilakukan sampai 3 kali menurut Cara berternak ayam siam, dengan catatan tidak boleh berlebihan dalam melakukannya. Karena akan membuat induk ayam tersebut tidak mau mengengkrami telurnya. Jangan lupa segera memindahkan atau mengambil anak ayam tersebut dari induknya, supaya induk ayam tersebut mau kawin lagi dan mulai mengengkrami telur yang baru. Pakan anak ayam siam menurut setelah membaca Cara berternak ayam siam tersebut juga perlu diperhatikan agar hasil tarung ayam tersebut berani diadu atau bernilai dalam aduan.

 

Cara Ternak Ayam Siam/Bangkok

 

worldwikileas.blogspot.co.id


Mengawinkan induk bukanlah pekerjaan yang sulit, terutama bagi peternak yang sudah berpengalaman. Hal yang sulit adalah mencari bakal Pejantan dan Indukan yang berkualitas tinggi. Mengawinkan induk bisa dilakukan di kandang umbaran atau dengan sistem kawin tembak (doddogan). Caranya induk betina dipegangi, lalu induk jantan akan mengawini si betina. Cara ini terkenal paling efektif dan cepat menghasilkan keturunan. Induk jantan yang baik biasanya tidak terlalu sulit dikawinkan dengan cara dogdogan. Jika induk jantan tidak mau mengawini induk betina dengan cara dogdogan, sebaiknya induk jantan dan induk betina dikawinkan di dalam kandang umbaran.
Satu ekor pejantan bisa mengawini 3-4 induk betina. Perkawinan juga bisa dilakukan secara inseminasi buatan, tetapi cara ini jarang dilakukan karena cara perkawinan alamiah terhitung cukup gampang dilakukan dan tidak perlu mengeluarkan biaya khusus untuk membeli peralatan inseminasi.

Dalam hal perawatan, anda harus meningkatkan kualitas ayam akan cepat meningkat. “Saat ayam masih usia 1 – 60 hari, sebaiknya dipisahkan dengan indukan, dan ditempatkan di kotak khusus yang dikasih lampu dop, agar suhu tubuh tetap hangat. Untuk pakan, anakan ayam ini diberi pur ayam 511 dicampur jagung giling, bekatul, beras merah dan tepung ikan. Ingat, ayam bangkok ini bukan ayam pedaging, jadi dalam pemberian makan jangan terlalu over atau kekurangan. Dengan tubuh yang ideal, justru ayam akan memiliki teknik bertarung yang bagus.



Salah satu kendala yang biasanya menyerang peternakan ayam adalah virus atau penyakit unggas. Kendala ini memang selalu dirasakan oleh peternak ayam. Untuk mengantisipasi hal ini, biasanya akan segera mengambil ayam yang terkena penyakit untuk dipisahkan atau dititipkan ke kandang teman agar bisa pulih.

“Bagi ayam yang terkena penyakit  secepat mungkin harus diungsikan atau dikarantina, agar penyakit tidak menyebar ke ayam-ayam yang lain. Karena inilah seminggu atau sebulan sekali, sebaiknya ayam bangkok ini diberi ramuan tradisional berupa mpon-mpon, untuk menjaga kebugaran dan kesehatan si ayam.


  

Cara Mudah Mengobati Penyakit Pada Ayam Serta Mengenal Ciri Ciri Penyakit Ayam

Cara Mudah Mengobati Penyakit Pada Ayam Serta Mengenal Ciri Ciri Penyakit Ayam
Penyakit ayam merupakan tantangan tersendiri dalam aktivitas peternak. Dalam beternak ayam kampung, ayam hias, kalkun maupun jenis ayam lainya sering menemui tantangan ini. Kadang ayam sehat, kadang pula ayam sering sakit-sakitan. Hal ini sangat wajar terjadi pada usaha peternakan. Hal terpenting apabila ayam sakit adalah mengetahui ciri ayam sakit dan cara penanganannya. Berikutpenyakit yang sering menyerang ayam dan cara mudah mengobatinya yaitu :
  1. Penyakit tetelo
Penyakit ini disebabkan oleh virus, merupakan penyakit super ganas dan menyebabkan banyak kematian.
Ciri-ciri ayam yang terkena penyakit ini antara lain:
a.       Jalan sempoyongan bahkan terkadang mundur
b.      Leher gerak-gerak
c.       Nafsu makan tidak ada
d.      Bulu kusam
e.       Kadang disertai dengan pilek
f.       Mulut berlendir.
Anakan Ayam Polan Mati

(Cara Mengobati ) 

Penanganan penyakit tetelo:
Ayam yang sakit dipisahkan, diberikan obat herbal seperti daun pepaya, gula jawa dan temulawak yang direbus secara terus menerus sampai sehat kembali. Ayam yang daya tahan tubuhnya baik bisa sembuh kembali. Disamping itu juga diperlukan vaksin penyakit ND untuk pencegahan pada umur 4 hari, 4 minggu dan 4 bulan.
  1. Penyakit kolera/ berak hijau
Penyakit ini disebabkan oleh bakteri, merupakan penyakit kronis dan bisa menyebabkan kematian.
Ciri-ciri ayam terkena penyakit ini adalah :
a.       Kotoran berwarna hijau (encer)
b.      Bulu kusam
c.       Sayap menggantung
d.      Tidak nafsu makan
e.       Kadang disertai dengan pilek
f.       Mulut berlendir .

Penanganan penyakit kolera/ berak hijau:
Penyakit ini merupakan penyakit pencernaan sehingga pengobatannya mengunakan koleridin yang bisa di dapatkan toko obat hewan maupun di toko pakan ternak atau unggas bila perlu bisa ditambah obat herbal seperti dau pepaya dan temuireng yang direbus.
  1. Penyakit fox / cacar unggas / patek
Penyakit ini disebabkan oleh virus, penyakit ini terdiri dari 2 tipe yaitu basah dan kering. Ciri-ciri penyakit ini adalah adanya:
  • Benjolan (seperti kutil) pada wajah, pial dan jengger.
Penyakit tipe kering bisa disembuhkan dengan mudah.
Penanganan penyakit fox / cacar unggas / patek :
Penyakit ini secara tradisional dapat disembuhkan dengan mengolesi minyak tanah pada bagian yang sakit secara rutin. Hal ini bisa di lakukan pagi, siang dan sore atau bisa juga pagi sore saja, dalam waktu 3-4 hari insyaAllah sembuh.
  1. Penyakit snot
Penyakit ini disebabkan oleh bakteri
Ciri-ciri penyakit ini adalah:

a.       Adanya pembengkakan pada area sinus ( batas antara hidung dan mata), berlendir
  1. Tidak nafsu makan
  2. Bulu kusam
  3. Pilek
Penanganan penyakit snot:
Ayam yang terkena penyakit ini dapat disembuhkan dengan obat amplikol yang bisa di dapatkan toko obat hewan maupun di toko pakan ternak atau unggas.
Dengan mengenal gejala dan pengobatan yang tepat merupakan bentuk dari usaha kita agar ayam bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.


Cara Mengobati Ayam yang Sakit Secara Tradisional

Cara Mengobati Ayam dengan cara yang alami dan tradisional memang lebih bagus dibandingkan dengan obat kimia. Ayam yang sakit perlu dirawat yang bagus dan juga obat yang sesuai dengan penyakitnya. Kita harus bisa memilih obat tradisional yang cocok dengan penyakit yang diderita oleh ayam.

Pengobatan Ayam yang Sakit harus dikenali sejak ayam tersebut mulai sudah kelihatan sakit, tujuannya agar ayam tersebut penyakitnya tidak semakin parah. Banyak sekali faktor penyebab ayam jatuh sakit, mungkin karena tidak cocok dengan cuaca, makanan atau karena seringnya di adu.

Ayam sendiri mempunyai banyak macam jenisnya di Indonesia terutama di jawa. Diantaranya jenis ayam tersebut adalah Ayam Cemani, Bekisar (hibrida interspesifik), ayam Sumatra, Kedu (standardisasi nasional), Pelung, Ayam Ketawa (jenis asli dari Rappang, Sulawesi Selatan), Bali (ayam tanpa bulu leher). Adapun jenis penyakit ayam bisa anda baca

Cara Mengobati Ayam yang Sakit Secara Tradisional paling Ampuh

Banyak sekali pertanyaan dari para pecinta ayam tentang Bagaimana cara mengobati ayam secara tradisional dengan ramuan herbal yang tentunya menjadi obat alami bagi ayam. Berikut adalah obat yang cocok untuk ayam anda yang sedang sakit :
  1. AYAM TEDUN,BUATKAN LUBANG LALU ISI AIR,RENDAM KAKI AYAM TIAP HARI.
  2. AYAM BUBUL,KAKI DIBERSIHKAN DULU/DISIKAT,HABIS ITU DIOLESI KAPUR CAMPUR KUNYIT.
  3. AYAM MANIK,SETIAP MALAM DIKASIH MADU ASLI.
  4. AYAM KURAPAN,OLESKAN BELIRANG ATAU PACE/KUDU.
  5. AYAM KURAP DI KAKI,SIKAT PAKAI MINYAK TANAH,KEMUDIAN OLESKAN KAPUR+KUNYIT.
  6. AYAM LUMPUH,DIBOBOKI DAUN KEMANGI DICAMPUR RAGI TAPE.
  7. AYAM NGEMIL,DIOLESI KUNYIT+KAPUR.
  8. AYAM KENA JALU,BERSIHKAN DGN AIR GARAM ATAU AIR SIRIH HANGAT,VETSIN/MICIN JUGA BISA,ATAU BUBUK ARANG.
  9. AYAM PATUK LEPAS,OLESKAN BLIMBING WULUH,BAWANG PUTIH ATAU MENTEGA.
  10. AYAM NGURAK,SETIAP PAGI MANDIKAN DGN AIR BERAS+BAWANG MERAH.
  11. AYAM TIDAK KUAT NAPAS,SEBELUM TARUNG 3 HARI,DIMAKANKAN TELUR+LAOS YG DIJEMUR.
  12. AYAM BANTAT,MAKANKAN TEMUKUNCI YG DIBAKAR.
  13. AYAM NGOROK,DIKOROKI DGN MINYAK TANAH.
  14. MEMENDEKKAN JALU,PISANG PANAS DITUSUKKAN KE JALU,KIRA2 20 DETIK LALU MULAI DIBENTUK ATAU LILIN MENYALA UTK MEMANASKAN JALU,HINGGA CEMPURINYA MASUK AGAR TDK BERDARAH!
  15. MATA AYAM KEPUKUL,DITETESI AIR LOMBOK ATAU AIR SIRIH.
  16. AYAM MENCRET/KOTORAN GAK KERAS,MALAM DIMINUMKAN AIR KUNYIT.

 
Pertanyaan Pengobatan Ayam yang Sakit
Para pecinta ayam, pasti akan memperhatikan betul masalah kesehatan ayamnya sehingga anda betul-betul ingin tahu cara mengobati ayam ini. Sangat disayangkan dan kasihan ketika ayam sakit dan dibiarkan begitu saja. Berikut akan saya berikan juga pertanyaan yang sering muncul tentang ayam yang sakit.

Kalau ayam turun urat gimana cara ngobatin nya?
Turun urat biasanya terjadi pada ayam muda yg terlalu dipaksakan durasi tarungnya, atau bisa pula pada ayam yg kondisinya kurang sehat setelah menjalani porsi latihan yg berat kemudian tetap dipaksakan tarung. Untuk mengobati ayam turun urat tersebut, biasanya dapat diobati dg memberi obat khusus turun urat merk Formula,dosis dapat dilihat ditabel. Obat ini dapat dibeli di poultry unggas/pet shoop. atau maz bro juga bisa memberikan obat Megatic (obat rematik utk manusia,bisa didapat di apotik) dgn dosis setengah tablet 2 hari sekali.biasanya 2-3 x pemberian obat,bengkak pada kaki ayam kempes dan ayam akan dapat kembali berjalan normal.

Sbagai tambahan pengobatan alternatif dapat dilakukan langkah tradisional berikut:
Setiap hari (sesering mungkin) kaki ayam yang turun urat diperban/dibungkus dgn kain dg menempelkan daun serai yang ditumbuk halus. Diusahakan agar kaki ayam bisa menginjak tanah (di bungkus seperti merawat orang patah tulang). Di saat akan mengganti daun Serai, sebaiknya kaki ayam di rendam dgn air dingin/air es beberapa menit, kemudian dibungkus lagi seperti semula.

Ayam saya ada yang lagi mabung, Itu gimana cara perawatan nya supaya cepat beres mabungnya mas ???
Adapun cara merawat ayam yang ngurak / mabung / ganti bulu dapat dilakukan sebagai berikut:

1. Memastikan bahwa ayam telah memasuki periode ganti bulu, dgn cara melihat kandang ayam tersebut ada atau tidaknya beberapa helai bulu yg rontok utuh (bukan patahan). Apabila kondisi ini rontok bulu berlangsung terus selama seminggu dipastikan bahwa ayam memasuki periode ganti bulu.

2. Segera lakukan pencabutan bulu yg telah mati, misalnya bulu yg patah & di pangkal bulu berwarna putih (tdk berwarna gelap yg menandakan bulu msh aktif).

3. Pemberian makan voor (bisa 592 atau 594 dicampur dgn nasi utk mempercepat perontokan bulu yg tua).

4. Penempatan ayam di kandang yg gelap & teduh, namun tidak lembab serta usahakan kandang cukup luas sehingga bulu muda yang tumbuh tidak rusak karena bergesekan dg dinding kandang.
Hindarkan kandang dari sinar matahari.
Dalam seminggu akan terjadi proses perontokan bulu yg cepat.

5. Setelah mulai tumbuh bulu2 muda, ayam dimandikan smp basah, kemudian dijemur sebentar hingga bulunya kering & masukkan lagi dalam kandang yg gelap tadi.

6. Saat tumbuh bulu muda, berikan makanan beras merah yang direndam dicampur nasi. Hentikan pemberian voor.

7. Setiap 2 hari sekali, keluarkan ayam untuk dijemur sebentar dan tanpa perlu dimandikan.

8. Secara rutin, injeksi dgn vit B12 & Bcomplex setiap seminggu sekali & berikan minyak ikan 2 butir setiap hari.

Berdasarkan ulasan yang no 11 laosnya di tumbuk apa langsung & takarannya berapa?
Sebaiknya diberikan lengkuas/laos yang telah ditumbuk halus.Hal ini bertujuan untuk mempermudah proses pencernaan didalam tubuh unggas.
Berikan dengan porsi dan komposisi yang berimbang, 1 butir telur dicampur dg 1 ulas lengkuas.

Apakah gula merah sangat bagus untuk Nafas Ayam?
Gula merah adalah salah satu contoh produk penghasil glukosa yang berfungsi sebagai stabilisator didalam tubuh sebagai penambah stamina.Dalam kondisi yang lelah dan stres glukosa sangat baik untuk dikonsumsi oleh unggas maupun manusia.
Pada prinsipnya setiap peternak memiliki ramuan khusus yang dipercaya mampu meningkatkan stamina dan memperpanjang nafas ayam aduan.Hal ini lah yang kemudian menciptakan spekulasi yang melahirkan warna tersendiri dalam perkembangan dunia peternakan unggas.

Kalau ayam siwer matanya kemungkinan apakah bisa di obati dan bisa kembali normal penglihatan nya?
Pada prinsip dasar kesehatan,tidak ada penyakit yang tak bisa disembuhkan kecuali malas berobat dan berusaha.
Sedikit deskripsi dari kami untuk pengertian juling yang merupakan bawaan dari lahir,ayam masih bisa dipakai asal tidak menggangu kinerja tarung dari ayam itu sendiri,Coba perhatikan kornea mata ayam tersebut maz.
Kornea mata yang tidak rata alias bentuknya lonjong tidak bulat tapi merupakan bawaan lahir dan mata tetap berfungsi normal maka tidak masalah. Banyak ayam dengan ciri bawaan lahir seperti itu, biasanya kakinya warna hijau kehitaman dan sering disebut ayam galeh karena warna kaki dan mata relatif sama ( hijau kehitaman ).

Kemudian untuk mengobati sakit mata baik belekan maupun rabun dapat disembuhkan dengan getah daun kelor.Nama ilmiah tanaman kelor yaitu Moringa oleifera.Cara pemberiannya yaitu dengan meneteskan 1-2 tetes getah tanaman kelor pada mata yang sakit. Umumnya getah yang digunakan yaitu yang terdapat pada tangkai daun atau tangkai anak daun yang berukuran sedang, dan tidak terlalu tua atau muda. Setelah ditetesi, mata ayam ditutup dengan plaster selama dua hari penuh. Bila masih bengkak, ditetesi dan ditutup lagi sampai sembuh.
Atau bisa juga memakai obat tetes mata merk Cendo Xitrol yang bisa dibeli di apotik dengan harga sekitar 30 ribuan,selama pengobatan mata harus ditutup plaster selama 3 hari.

Harga Ayam di Pasaran


Anakan F1 siam atau aduan ( Bibit Unggul )
1.        Umuran seminggu atau 2 Minggu harga@ berkisar antara Rp.100.000 sampai Rp.200.000
  1. umuran sebulan sampai enam bulan harga@ berkisar atara Rp.300.000 sampai Rp. 600.000
Anakan siam atau aduan Hasil Persilangan Nusantara
1.       Umuran seminggu atau 2 Minggu harga@ berkisar antara Rp.50.000 sampai Rp.75.000
  1. umuran sebulan sampai enam bulan harga@ berkisar atara Rp.150.000 sampai Rp. 300.000 
Ayam Bangkok F1 Siap Jadi
1.       Kalau yang siap Jadi harganya sangat signifikan ini antara 1.000.000 sampai 12.000.000 rupiah itu kalau bulu & sisik nya bagus dan mempunyai kelebihan tertentu
  1. Tapi kalu bulunya biasa-biasa saja gak mahal-mahal baget sih paling antara 600.000 sampai 1.000.000 rupiah saja


Peranakan yang siap Jadi
1.      Kalau bulu & sisik nya bagus dan mempunyai kelebihan tertentu bisa-bisa mencapai target tertentu juga sih tapi di pasaran berkisar antar @ 300.000 sampai 500.000 Rupiah saja

demikianlah gambaran harga ayam sabung di pasaran mudah mudahan bermamfaat sih bagi pembaca atau yang ingin tau harga agar dalam membeli ayam gak sampai tertipu,!!!! he he he eh :))


Ayam kate (Serama)


Ayam kate atau ayam serama adalah tipe ayam yang dipelihara sebagai hewan hias. Ayam ini memiliki keunikan yang sangat berbeda dengan yang ayam lain, yakni ukurannya yang mini. Karena ukurannya yang mini dan keunikannya inilah harga ayam serama yang ada di pasaran mencapai ratusan ribu sampai jutaan rupiah. Apalagi bila warna dan fisik ayam yang bagus, harganya bisa menjadi selangit. Jika dinilai dari harga dan biaya perawatannya sangatlah jauh selisihnya. Biaya perawatannya tidak sampai sepertiga harganya. Selain itu juga pemeliharaannya sangatlah mudah. Nah, jika Anda tertarik ingin menekuni budidaya ayam kate/serama, silahkan ikuti panduan berikut ini:

Pemilihan Indukan

Hal pertama saat memutuskan untuk beternak ayam kate/serama adalah memilih indukan unggul. Caranya cukup mudah, pilih saja pejantan yang berpostur tegak, aktif, lincah, berjengger merah terang, berjalu dan berbulu indah, serta tidak terserang penyakit. Sedangkan untuk betina bisa dipilih yang berpostur sintal/bulat montok, sering bertelur banyak, tenang, fisiknya sempurna, berbulu indah, serta yang pasti tidak terserang penyakit. Indukan sebaiknya dipilih yang sudah berumur diatas satu tahun sejak menetas.

Perkandangan

Kandang yang digunakan untuk memelihara ayam kate yang baik adalah kandang umbaran atau kandang bebas tanpa atap dengan pagar tinggi yang mengelilingi areal kandang. Pagar bisa dibuat dari jaring atau pagar bambu dengan ketinggian 1,5-2 meter. Sesuaikan luas kandang dengan jumlah ayam yang dipelihara. Letakkan juga tempat berteduh dan seligus sebagai rumah bagi ayam kate. Jika ingin diberikan tempat bertengger juga bisa ditambahkan panggung atau palan kayu di areal kandang.

Pemeliharaan & Pakan

Pemeliharaan yang dilakukan cukup sebatas mengontrol kesehatan dan melakukan embersihan kandang saja. Selanjutnya jangan lupa berikan pakan berupa bekatul, jagung, dan biji-bijian seperti beras merah, ketan, atau gabah. Jika ingin menambahkan konsentrat akan lebih baik. Sediakan juga tempat air minum yang bersih untuk minum.

Pemanenan

Seperti ayam kenbanyakan, anakan bisa menetas setelah 21 hari masa eram setelah bertelur. Jumlah anakan biasanya 4-8 ekor.

Harga Ayam Kate
Rp. 300.000 s/d 10.000.0000,-  per ekor
daerah Sumatera, Jawa, bali, kalimnatan, Sulawesi, NTB, NTT, Papua

Ayam Ketawa







Ayam  ketawa tergolong dari beberapa jenis ada yang bersuara pelan atau slow ada yang ber suara cepat dan ada yang bersuara pendek nah sekarang saya akan memberikan beberapa tips yang bisa di gunakan agar ayam ketawa dapat bersuara lebih panjang  dengan cara dilatih sejak dini adapun cara pelatihan ayam tersebut sebagai berikut:  bersihkan kandang secara berkala / rutin (hal ini dilakukan agar si ayam dapat merasa senang dan nyaman)mandikan si ayam minimal 3 hari sekali agar ayam tersebut selalu merasa segar dan nyaman.setelah di mandikan si ayam di jemur pada jam 10 pagi selama 30 menit.biarkan ayam bertengger pada tempat yang di sediakan / tempat bertengger.



pada saat si ayam berkokok rekam dan putarkan agar si ayam merasa bahwa ada ayam yang lain disekitarnya dan si ayam bemberikan tanda kehadiran dirinya dengan cara berkokok ( jika memiliki rekaman suara ayam yang lain akan lebih baik )
berikan ramuan jamu khusus ayam ketawa ramuan tersebut terdiri dari:  jahe, madu, tomat,dan bayam. cara pembuatanya adalah rebus tomat dan bayam kemudian dinginkan, lalu blender bersama jahe dan madu. cara pemberian jamu masukkan jamu yang sudah dibikin kedalam suntikan yang sudah di sterilkan dan di buang jarumnya lalu masukkan / suntikkan kedalam mulut ayam tersebut.1 hari setelah di beri jamu tadi beri makan jangkrik sebanyak 10 ekor.ekian dulu tips tentang ayam ketawa dari saya semoga tips tips tersebut dapat di gunakan dan bermanfaat bagi para pembaca sekalian. jika tips tersebut sudah dilaksanakan maka insya allah ayam saudara pembaca dapat bersuara lebih panjang dari yang kemarin. kalau sudah panjang sih si ayam bakalan siap tuh ikutan lomba indonesian idol khusus ayam

Cara memelihara ayam ketawa yang lain.Sebagian orang yang belum mengetahui cara memelihara ayam ketawa membayangkan sangat sulit atau ada aturan aturan tertentu yang membuat repot pemelihara ayam ketawa, sehingga banyak yang ragu untuk memelihara ayam ketawa tersebut. Memelihara ayam ketawa sangatlah mudah, tidak ubahnya seperti memelihara ayam ayam hias atau ayam aduan, bahkan lebih mudah, karena dalam memelihara ayam ketawa tidak ada aturan – aturan khusus, hanya bila yang sudah dewasa perawatannya adalah cukup pemeberian jamu atau suplemen dan dimandikan, kemudian di jemur.
Memelihara anakan ayam ketawa.
Memelihara anak ayam ketawa untuk umur 1 sampai 30 hari,

untuk pakannya cukup diberi por 591 dan minum yang di beri suplemen, untuk anak ayam ketawa pada umuran tersebut yang perlu diperhatikan adalah suhu ruangan, sebaiknya suhu ruangan di buat panas yaitu dengan cara kadang di beri lampu listrik 5 watt. Dan juga agar anak ayam ketawa tidak mudah terserang penyakit sebaiknya di vaksin, dan pilihlah vaksin yang kita mudah melakukannya sendiri yaitu dengan cara vaksin melalui tetes mata.Vaksin ayam ketawa yang baru menetas sampai umur 1 minggu gunakan Medivac ND Hitchner B1, dan gunakan 1 tetes kemata ayam ketawa. Usahakan vaksin tersebut benar – benar masuk kemata ayam ketawa, dengan cara setelah diteteskan kemata ayam,pegang dahulu sampai dia mengerjapkan mata berkali – kali, baru kemudian ayam ketawa dilepas. Sedangkan untuk vaksin kelanjutannya yaitu umur 1 bulan sampai dewasa gunakan Medivad ND La Sota, caranya sama dengan cara pemberian vaksin pada anak ayam ketawa.
Memelihara Ayam ketawa umur 1 – 4 bulan.


Untuk ayam ketawa pada umuran tersebut pemberian pakan por 591 cara berangsur-angsur mulai dikurangi, yaitu dangan cara por dicampur beras merah atau jagung slep. Pada anakan ayam ketawa umuran tersebut mulai belajar berbunyi, dan perawatannya selain di berimakan, minuman ayam di capur suplemen, suplemen ayam bermacam – macam seperti vita chicks, electrovit, raid chicks.

Memelihara ayam ketawa dewasa.
Ayam ketawa dewasa sudah mulai rajin berbunyi, pakan ayam ketawa ini cukup di beri beras merah atau jagung slep, agar tidak bosan sekali sekali bisa di beri por 594. untuk menjaga kesehatan beri suplemen merek seperti yang telah saya sebutkan diatas.Pada ayam ketawa yang dewasa ini sudah mulai dimandikan cukup 1 minggu 3 – 4 kali dengan cara di lap pakai busa yang basah, sebaiknya jangan terlalu basah karena akan berpengaruh pada bulu ayam ketawa, setelah dimandikan cukup dijemur 2-3 jam.Dan juga sering – sering dilatih bertengger di tenggeran yang di buat menyerupai hurup T dimensi tenggeran cukup mengunakan kayu 4 cm x 4 cm dengan panjang 60 cm sedangkan tiang bisa gunakan kayu 5/7 atau bambu diameter 8 cm, tinggi cukup 120 cm dan agar tidak goyang ditaman 50 cm.

Cara merawat Ayam Ketawa

1. Lingkungan dan kandang ayam harus rajin di semprot Densifektan
2. Berilah pakan selingan yg Sehat yaitu Jahe iris kecil dan Kunyit yg sudah di keringkan dan di Campur kedalam pakan ayam ketawa tsb  dan Pisang atau Tomat ,Kecambah,Jangkrik muda dan Cacing tanah·   di Saat Terkena Virus Pilek,Ngorok,Berak kapur,hijau,dan Lemas berikanlah asupan TetraChlor atau Obat dan Suntikan khusus untuk Penyakit tsb,kalau sy biasanya saya berikan cukup Tetra Chlor 2x Sehari pagi-sore dan di Makanannya di Campur jahe +Kunyit ,kemudian Ayam yg sakit di Pisahkan dari ayam yg sehat..biasanya  3-4hari sudah sembuh asalkan Rutin Telaten meberikan obat tsb,,selebihnya wajib memberikan suntikan Anti Virus "GRUBUK"3Bulan sekali  Ayam Ketawa Butuh Refresing...Jangan terus diKurung nanti bisa stress juga,,ayam ketawa perlu di biarkan sejenak berjemur di pagi hari di tanah dan rerumputan·         Jangan lupa kasih sayang dan perhatian anda terhadap ayam ketawa agar ayam ketawa anda Lebih dekat dengan andaCara melatih ayam ketawa Untuk anakan ayam ketawa yang malas berkokok harus di Pisahkan dari ayam ketawa lainya atau di sendirikan di ruang/tempat yg berbeda agar memancingnya untuk berbunyi.

Mandikan ayam ketawa di pagi hari dan di jemur sebentar setelah itu masukan lagi ke sangkar kemudian  gantung di tiang tempat yg tinggi,,seperti halnya Ayam Bekisar.
Untuk anakan maupun ayam ketawa dewasa harus sering dilatih di tiang kayu yang berbentuk huruf "T" , tujuannya adalah selain untuk persiapan kontes lomba, juga untuk melatih menjinakkan ayam Ketawa yg  agak liar dgn cara kakinya diikat dgn tali panjang khusus ayam

Harga Ayam Keatwa.
Rp. 200.000 s/d 700.000
Daerah Sumatera dan Jawa 



Jenis-Jenis Ayam


Ayam Sumatera
Ayam Sumatra merupakan ayam asli Indonesia yang berkembang di Sumatra Barat. Oleh karena itu, ayam ini beri nama ayam sumatra. Ayam sumatra memiliki ciri-ciri, yaitu memiliki tenggorokan yang lebar, perawakan tubuhnya tegap dan kecil, kepalanya kecil, kulit dibagian muka berwarna merah atau hitam, paruhnya berwarna hitam dan pendek, jenggernya di tumbuhi sedikit bulu dan berwarna merah, telinganya kecil dan berwarna merah, dan ayam sumatra jantan memiliki berat batan sekitar 2 kg, sedangkan ayam sumatra betina memiliki berat badan sekitar 1,5 kg.
Rp. 150.000 s/d 400.000 per ekor (Sumtera,Bali jawa, Kalimantan, Nias)








Ayam Jambul

Ayam jambul poland bulu kapas merupakan jenis ayam yang memiliki keunikan, yaitu memiliki jambul. Sesuai dengan namannya, ayam jenis ini memiliki bulu yang berwarna putih dan lebat seperti kapas.
Rp. 300.000 s/d 1.000.000 per ekor (Jawa, Sumatera, Bali, Ntb, Ntt, kalimantan, Maluku)





Ayam Kate (Serama)
Ayam kate ini cukup banyak penggemarnya di Indonesia. Ukuran tubuh yang mungil dan bulunya yang indah menjadi alasan orang menyukai jenis ayam ini. Selain itu, ayam ini memiliki keunikan, yaitu bisa berdiri tegak dengan membusungkan dadanya meskipun sedang berjalan. Untuk masalah harga, ayam ini memiliki harga yang cukup mahal meskipun ukurannya kecil.

Rp. 200.000 s/d 10.000.000,-  per ekor (Jawa, Sumatera, Bali, Nias, Kalimantan, Sulawesi, Ntb, Ntt)





Ayam Cemani
Ayam cemani merupakan jenis ayam yang berkembang di daerah Magelang dan Temanggung, Jawa tengah. Namun, saat ini ayam kedu sudah tersebar di berbagai daerah Indonesia. Ayam Cemani banyak diburu oleh banyak orang. Selain banyak peminatnya untuk hewan peliharaan, ayam ini diyakini memiliki khasiat yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit, antara lain: dapat menguatkan pinggang dan hati, melancarkan peredaran darah, menghilangkan kelesuan, mengatasi asma, diabetes, migren, dan sebagainya.




Ayam Huta Kelabu
Ayam hutan kelabu merupakan salah satu jenis ayam hutan. Ayam yang berkelamin jantan memiliki ukuran sekitar 80 cm, sedangkan ayam yang berkelamin betina memiliki ukuran sekitar 38 cm.

Rp. 300.000 s/d 900.000 per ekor (Jawa, Sumatera, Bali, Ntb, Kalimantan dan Maluku)





Ayam Hutan Hijau

Ayam hutan hijau merupakan jenis ayam hutan yang penyebarannya di Pulau Bali, Pulau Jawa, Flores, dan Kangean. Ayam ini memiliki ukuran panjang sekitar 70 cm dan berat badannya sekitar 0,7-1,5 kg.
Rp. 300.000 s/d 5.000.000 per ekor (Flores, Jawa, Maluku, Sumatera, Ntb, Ntt, Nias, Kalimantan, malaysia, Sulawesi, Papua, Australia)










Ayam Hutan Merah
Ayam hutan merah merupakan jenis ayan hutan yang penyebarannya cukup luas, antara lain di Indonesia, Tiongkok, dan India. Jenis ayam ini memiliki 5 sub spesies, antara lain: gallus-gallus di Sumatra dan gallus-gallus bankiva di Pulau Jawa dan Madura. Sedangkan ketiga spesies lainnya terdapat di luar Indonesia, yaitu di India dan Bangladesh terdapat gallus-gallus murghi, di Myanmar dan vietnam terdapat gallus-gallus spadiceus, dan di Tiongkok Selatan dan Hainan terdapat gallus-gallus jaboullei.

Rp. 100.000 s/d  400.000 per ekor (Jawa, Bali, Ntb, Ntt, Sulawesi, Maluku, Sumatera)






    



  Semoga bermanfaat Jangan lupa di
Share












2 komentar:

Unknown mengatakan...

Kami Hadir Untuk Menjalin Tali Silatuh Rahmi,Guna Untuk Membantu Para Masyarakat Di Muka Bumi Ini ,Dengan Segala Permasalahan Yang Ada,Karena Di Dalam Masyarakat Yang Kita Tahu Saat Sekarang Ini,Masih Banyak Masyarakat Yang Hidup Dibawah Garis Kemiskinan,Untuk Itu,Izinkan Saya Mbah Karwo Untuk Memberikan Solusi Terbaik Untuk Anda Yang Sangat Membutuhkan.Ada Berbagai Cara Untuk Membantu Mengatasi Masalah Perekonomian,Dengan Jalan ; 1,Melalui Angka Togel Jitu ; Supranatural 2,Pesugihan Serba Bisa 3,Pesugihan Uang Balik/Bank ghaib 4,Ilmu Pengasihan 5,DLL HANYA DENGAN BERMODALKAN KEPERCAYAAN DAN KEYAKINAN,INSYA ALLAH ITU SEMUANYA AKAN BERHASIL SESUAI DENGAN KEINGINAN ANDA... Dunia yang akan mewujudkan impian anda dalam sekejab dan menuntaskan masalah keuangan anda dalam waktu yang singkat. Mungkin tidak pernah terpikir dalam hidup kita untuk menyentuh hal hal seperti ini. Ketika terpikirkan kekuasaan, uang dalam genggaman, semua bisa dikendalikan sesuai keinginan kita.Semua bisa diselesaikan secara logika.Tapi akankah logika selalu bisa menyelesaikan masalah kita. Pesugihan Mbah Karwo Mbah memiliki ilmu supranatural yang bisa menghasilkan angka angka putaran togel yang sangat mengagumkan, ini sudah di buktikan member bahkan yang sudah merasakan kemenangan(berhasil), baik di indonesia maupun di luar negeri.. ritual khusus di laksanakan di tempat tertentu, hasil ritual bisa menghasilkan angka 2D,3D,4D,5D.6D. sesuai permintaan pasien.Mbah bisa menembus semua jenis putaran togel. baik itu SGP/HK/Malaysia/Sydnei, maupun putaran lainnya. Mbah Akan Membantu Anda Dengan Angka Ghoib Yang Sangat Mengagumkan "Kunci keberhasilan anda adalah harus optimis karena dengan optimis.. angka hasil ritual pasti berhasil !! BERGABUNGLAH DAN RAIH KEMENANGAN ANDA..! Tapi Ingat Kami Hanya Memberikan Angka Ritual Kami Hanya Kepada Anda Yang Benar-benar dengan sangat Membutuhkan Angka Ritual Kami .. Kunci Kami Anda Harus OPTIMIS Angka Bakal Tembus…Hanya dengan Sebuah Optimis Anda bisa Menang…!!! Apakah anda Termasuk dalam Kategori Ini 1. Di Lilit Hutang 2. Selalu kalah Dalam Bermain Togel 3. Barang berharga Anda Sudah Habis Buat Judi Togel 4. Anda Sudah ke mana-mana tapi tidak menghasilkan Solusi yang tepat Jangan Anda Putus Asa…Selama Mentari Masih Bersinar Masih Ada Harapan Untuk Hari Esok.Kami akan membantu anda semua dengan Angka Ritual Kami..Anda Cukup Mengganti Biaya Ritual Angka Nya Saja… Apabila Anda Ingin Mendapatkan Nomor Jitu 2D 3D 4D 6D Dari Mbah Karwo Selama Lima Kali Putaran,Silahkan Bergabung dengan Uang Pendaftaran Paket 2D Sebesar Rp. 500.000 Paket 3D Sebesar Rp. 700.000 Paket 4D Sebesar Rp. 1.000.000 Paket 6D Sebesar Rp. 1.500.000 dikirim Ke Rekening BRI.Atas Nama:No Rekening PENDAFTARAN MEMBER FORMAT PENDAFTARAN KETIK: Nama Anda#Kota Anda#Kabupaten#Togel SGP/HKG#DLL LALU kirim ke no HP : ( 0852-3162-7267 ) SILAHKAN HUBUNGI EYANG GURU:0852-3162-7267

agenayamterpercaya mengatakan...

sudah lama tidak post artikel gan.. sudah lama aku menunggu artikel bermutu anda gan.. artikel seperti ini https://peduliayam.com/2019/05/09/beberapa-jenis-penyakit-virus-pada-ayam-laga/